Juli 27, 2010

BISNIS PEMBESARAN LELE



Siapa sangka ikan berkumis ini ternyata mempunyai daya tarik tersendiri baik dari nilai gizinya maupun dari segi keuntungan bisnisnya. Disamping harga yang terjangkau untuk dikonsumsi, juga tidak diragukan lagi jika usaha dibidang pembesaran lele ini mempunyai keuntungan yang lumayan besar bagi anda yang ingin menambah pundi-pundi uang buat mempertebal dompet. Tidak perlu ilmu yang mendalam untuk pembesaran ikan berkumis ini, karena lele bisa hidup walaupun di air yang keruh sekalipun.
Modal yang paling utama dalam bisnis ini adalah kemauan dan konsisten dalam melaksanakan usaha, baru dibarengi dengan modal/dana yang cukup untuk memulai menjadi enterpreuner (usahawan/pengusaha). Biasanya jika sudah terjun didunia bisnis apapun haruslah dengan semangat tinggi guna tercapai tujuannya, karena jika tidak semangat maka kerugian lah yang akan menimpa anda. Makanya bisnis sepele ini bisa menjadi untung gede jika dibarengi modal diatas tadi. Coba anda bayangkan, bisnis ini tidak membutuhkan kuliah yang tinggi sehingga harus menghabiskan waktu dan umur tapi butuh sedikit ketekunan dalam menjalaninya serta konsisten.
Untuk memulainya bisnis ini, pertama harus mempunyai kolam ikan. Kedua pembelian benih ikan lele, ketiga pemberian pakan (makanan lele). Jika ini semua sudah ada, maka anda sudah siap menjadi pengusaha lele walaupun dalam skala kecil karena mungkin ini pada tahap awal. Skala besar akan dimulai jika tahap awal sudah berjalan baik dan kelihatan untungnya, dan bisa di yakinkan tahap kedua bisa lebih besar dari tahap awal karena sifatnya ketagihan dengan keuntungannya. Untung ini yang kita harapkan dan kita tingkatkan terus dengan pengalaman2 selama proses pembesaran lele.
Usaha ini tidak akan mengganggu pekerjaan utama anda yaitu pegawai, karyawan, guru, dokter, dll, karena ini sifatnya santai tapi membelai. Disebut membelai karena memang keuntungannya sangat menyentuh dan tidak menguras waktu. Kolam ukuran kecil yang anda punya seperti 2x3 meter bisa diisi benih lele sekitar 300-400 ekor dengan harga sekitar Rp 150,-/ekor. Jadi modal untuk pembelian benih mencapai Rp 45rb - 60rb, pakannya sekitar Rp 60rb, diperkirakan total modal Rp 120.000, bisa panen selama 2 bulan. Prediksi hasil penen mencapai 30kg, jika harga lele konsumsi Rp15.000/kg, maka pendapatan sekitar Rp 450.000 dalam satu kali siklus panen. Keuntungan yang didapat yaitu 450.000 – 120.000 = Rp 330.000,-
Coba bayangkan yang kedua kali, jika anda mempunyai beberapa kolam dan mempunyai ribuan benih ikan, tinggal dikalikan saja keuntungannya,,,,,,,,,selamat menghitung dan selamat mencoba !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar